Sejarah Madrasah

Madrasah Aliyah merupakan sekolah Menengah setara SMA yang berciri khas Agama Islam. Madrasah yang berlokasi di jalan Cikuda No. 01 RT. 01 RW. 11 Cibiru Kota Bandung ini merupakan Madrasah Plus yang menerapkan kurikulum KTSP serta lebih menekankan pendidikan agama secara intensif dengan kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha setiap pagi, Petuah setiap sabtu malam dan minggu pagi, serta pendalaman mata pelajaran TIK secara terpadu dengan adanya program Perakitan Komputer dan Animasi. Sukses MA Ar-rosyidiyah ini bukan saja ditentukan kualitas siswanya, tetapi keberhasilan MA Ar-rosyidiyah diperoleh melalui proses pembelajaran yang tidak lepas dari peran pendidik yang giat mengadakan Work Shop, seminar, dan pelatihan-pelatihan.

Sekolah dengan penataan lingkungan penuh warna islami dan asri ini telah pula berhasil mengembangkan PSBB (Pusat Sumber Belajar Bersama )/ di Ruang ICT , yang merupakan tempat yang sangat multifungsi yaitu untuk seminar atau pelatihan, dan kegiatan belajar mengajar.

Dengan bukti prestasi yang telah dicapai oleh MA Ar-rosyidiyah tersebut, penilaian sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa Madrasah itu kurang diminati adalah penilaian yang kurang tepat. Sampai saat ini MA Ar-rosyidiyah merupakan salah satu Madrasah di Kota Bandung yang telah berhasil membuktikan eksistensi dan prestasinya baik dari segi akademik maupun non akademik seperti Juara I Volly Ball se Kota Bandung (Tingkat KKM), dan Juara Ke I sekaligus Juara Umum Volly Ball di wilayah Priangan Barat Tahun 2015. Minat masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya ke MA Ar-rosyidiyah juga semakin meningkat tahun demi tahun. Keberhasilan tersebut merupakan buah dari kerja keras, komitmen, pembaharuan, dan kebersamaan yang telah dibangun dan dilakukan secara terus menerus oleh para pimpinan Madrasah dan seluruh civitas akademika MA Ar-rosyidiyah selama ini.

Terlebih lagi, hal ini disebabkan oleh faktor penghargaan pemerintah yang menyebut bahwa madrasah adalah sekolah umum bercirikan agama dengan penghargaan ijazah yang sama dengan ijazah umum dan plus pendidkan agamanya.
Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah pelayanan. “Tidak pandang sekolah madrasah negeri, swasta, kalau bisa memberikan pelayanan terbaik akan diminati masyarakat. dengan pelayanan dan diimbangi prestasi maka masyarakat akan senang.” sehingga motto MA Ar-rosyidiyah yaitu Islami, Unggul dan Populis.

Di MA Ar-rosyidiyah, siswa dituntut untuk dapat memiliki kemantapan aqidah, kekhusukan ibadah (Spiritual Quotient), keluasan IPTEK (Intelegency Quotient), dan keluhuran akhlak (Emotional Quotient). Setiap kali masuk kelas dan mengawali pelajaran, siswa selalu dibiasakan untuk berdo’a dan dilanjutkan Tadarus Al-Qur’an  secara bersama sama. Begitu juga sebaliknya ketika